Apa itu Microsoft PowerPoint?

Apa itu Microsoft PowerPoint?

Apa itu Microsoft PowerPoint?

Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint Logo

Pengertian dan Kegunaan Microsoft PowerPoint – Apa itu Microsoft PowerPoint? Apa fungsi dan kegunaannya? Mungkin ada orang yang masih asing dengan software atau aplikasi ini. Bagi kamu yang sedang mencari software atau aplikasi untuk membuat presentasi yang keren tetapi tidak ribet, ini merupakan salah satu software atau aplikasi yang tepat. Aplikasi ini tersedia untuk Sistem Operasi Windows maupun MacOS (sistem operasi yang populer digunakan akhir-akhir ini). Nah, kamu ingin lebih tahu tentang Microsoft PowerPoint? Atau kamu baru belajar dan ingin tahu tentang Microsoft PowerPoint? Yuk mari simak artikel berikut agar kamu lebih tahu dan lebih mengenal tentang software atau aplikasi PowerPoint besutan raksasa teknologi Microsoft ini.

Pengertian Microsft PowerPoint 

Microsoft PowerPoint adalah sebuah software atau aplikasi yang dibuat oleh Microsoft untuk membuat sebuah slide yang dapat dipergunakan untuk presentasi. PowerPoint merupakan salah satu aplikasi yang dapat dipergunakan ketika kita menginstall software pengolah dokumen yang dibuat oleh Microsoft yaitu Microsoft Office. Selain PowerPoint, Microsoft Office juga berisikan Microsoft Word, Excel, OutLook, OneNote dan yang lainnya. Aplikasi PowerPoint ini banyak dipergunakan untuk membuat presentasi mulai dari pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik dan masih banyak lagi. Salah satu faktor banyaknya pengguna PowerPoint adalah karena penggunaannya yang mudah dan kompabilitas yang banyak. Selain itu, dengan sedikit sentuhan kreativitas yang lebih intens kita dapat membuat presentasi yang bagus dan atraktif menggunakan PowerPoint.

Baca :  Fungsi dan Tools di Microsoft PowerPoint

Akhir-akhir ini semakin banyaknya para kreator-kreator yang mencoba mengembangkan berbagai template presentasi yang keren dan menarik menggunakan Microsoft PowerPoint, tidak jarang juga mereka yang membagikan tutorial dan hasil template-nya. Kalau kamu mahir atau sedang menggunakan software aplikasi ini, kamu bisa mempraktikan tips dan triknya untuk membuat template presentasimu sendiri sambil mengasah dan menguji jiwa kreativitas kamu. Banyak template yang dibuat dengan menampilkan animasi-animasi pergerakan yang smoth dan terlihat seperti opening film, animasi-animasi pada objek yang terlihat seperti motion graphic, dan animasi-animasi lainnya yang biasanya kamu lihat di film-film atau opening film, keren bukan? Tetapi tentu saja, jika kamu ingin membuat sendiri animasi-animasi tersebut, kamu membutuhkan pengetahuan tentang Microsoft PowerPoint yang mumpuni kemudian mengembangkannya dengan melihat tutorial-tutorial membuat presentasi keren milik orang lain. Yah, seperti salah satu tagline yang dipergunakan oleh Microsoft dalam memamerkan produk PowerPointnya yaitu “present like a pro“. Ya, dengan kamu belajar menggunakan Microsoft PowerPoint ini dengan intens dan sungguh-sungguh, kamu akan bisa menciptakan dan membuat sebuah presentasi yang professional serta keren tentunya.

Baca :  Cara Menghapus atau Uninstall Microsoft Office

Software atau aplikasi PowerPoint ini dikembangkan oleh Microsoft, jadi kita tidak perlu khawatir tentang kejadian error, lag, atau sulit dipergunakan, terlebih kamu menggunakan Sistem Operasi besutan Microsoft sendiri yaitu Microsoft Windows. Selain itu jika ada bug atau hal lain yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam penggunaan, software atau aplikasi ini sangat terjamin dari hal-hal tersebut. Microsoft melakukan update-update terhadap produk-produknya secara rutin untuk menanggulangi hal-hal semacam itu, tidak terkecuali Microsoft PowerPoint ini. Sehingga untuk urusan kenyamanan penggunaan jangka panjang kita tidak perlu khawatir. Berbeda jika kita menginstal software atau aplikasi ini yang bajakan, tidak ada jaminan bahwa software atau aplikasi tersebut bebas dari virus, malware atau sejenisnya. Jika kamu menginstal Microsoft PowerPoint yang tidak legal (baca: bajakan), maka tidak ada jaminan juga bahwa update-update perbaikan dari Microsoft akan terunduh dan terpasang dilaptop atau komputermu, karena bisa saja untuk membuat PowerPoint yang kamu gunakan dapat berjalan tanpa harus membeli lisiensi, sipembajak mematikan kontak ke server yang dipergunakan Microsoft untuk menggelontorkan update-updatenya. Jadi, tetap sangat disarankan untuk menggunakan Microsoft PowerPoint (Microsoft Office) secara legal, selain agar aman juga agar file-file yang kita hasilkan berkah juga tentunya. πŸ™‚

Kegunaan dan Fungsi dari Microsft PowerPoint

Berikut merupakan kegunaan dan fungsi dari Microsoft PowerPoint yang wajib kamu ketahui:

  1. Aplikasi untuk membuat presentasi.
  2. Membuat presentasi kita lebih atraktif dan meaningful dengan cara menampilkan produk kita ke audiens.
  3. Menampilkan Suara maupun Video dan Animasi dari produk yang akan kita presentasikan.
  4. Mempermudah penyampaian ketika sedang presentasi.

Kelebihan dari Microsft PowerPoint

Berikut merupakan kelebihan atau keunggulan dari Microsoft PowerPoint yang mungkin dapat kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya:

  1. Terdapat banyak template bawaan yang banyak dan menarik. Jadi untuk kamu yang akan bikin presentasi mendadak, bisa menggunakan template tersebut.
  2. Saat memasukan gambar, bisa langsung diedit seperti memotong, mencerahkan dan lainnya.
  3. Terdapat banyak animasi yang dapat dipergunakan untuk menggerakan objek.
  4. Terdapat banyak efek transisi untuk perpindahan antar slide.
  5. Bisa memasukan objek 3D ke dalam slide.
  6. Terdapat fitur β€œDraw” untuk menggambar langsung di slide.
  7. Kompabilitas tinggi.
  8. Tersedia untuk OS Windows dan MacOS.

Kekurangan dari Microsft PowerPoint 

Berikut merupakan kekurangan atau kelemahan dari Microsoft PowerPoint yang mungkin dapat kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya:

  1. Software atau aplikasi ini berlisiensi. Artinya untuk menggunakannya dengan β€œlegal” kamu harus membayar lisiensinya.
  2. File yang dibuat di Microsoft PowerPoint jika dibuka di aplikasi lain seperti OpenOffice, WPS, dan sebagainya maka beberapa fitur seperti animasi, efek transisi dan beberapa fitur lainnya akan hilang atau tidak akan tampil sebagaimana mestinya.

Tampilan Jendela Microsoft PowerPointJendela PowerPoint di MacOS

Nah setelah memahami apa itu Microsoft PowerPoint dan kegunaannya, apakah tertarik untuk mencoba? Tenang, untuk mencobanya kamu bisa memanfaatkan trial dahulu yang tentunya akan ada pembatasan-pembatasan pada fitur-fiturnya. Trial atau masa percobaan ini dapat kamu pakai selama satu bulan lamanya. Kamu bisa mencoba aplikasi Microsoft PowerPoint di sini. Jika aplikasi ini cocok untuk membuat presentasi sesuai gayamu maka silahkan diunduh lalu jangan lupa beli lisiensi resminya ya πŸ™‚

Sekian artikel pengenalan tentang apa itu Microsoft PowerPoint dan kegunaannya, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel-artikel lainnya mengenai Microsoft PowerPoint di blog ini. Serta nantikan postingan-postingan berikutnya, karena akan ada beberapa tips dan trik serta template gratis yang akan saya bagikan diartikel-artikel selanjutnya. Selamat berusaha dan berkreativitas. πŸ™‚

Total dibaca 26 kali, Dibaca hari ini 1 kali

Share this story:

Write a comment

Memuat...