Asus X441U Rekomendasi Laptop Second 2020

Asus X441U Rekomendasi Laptop Second 2020

Asus X441U Rekomendasi Laptop Second 2020

Asus X441U Rekomendasi Laptop Second 2020 – Dalam suasana pandemi seperti sekarang ini, mau tidak mau semua pembelajaran beralih ke daring atau istilah kerennya pembelajaran online. Nah bagi kamu yang sedang mencari laptop second atau seken yang masih recommended dengan spek lumayan oke dan harga tidak mahal-mahal amat, atau anda adalah orang tua yang ingin membelikan putra/putri anda sebuah laptop untuk pembelajaran online, maka saya akan merekomendasikan Asus X441U ini. Kenapa saya merekomendasikan laptop ini dan bagaimana spesifikasinya? Mari simak artikel berikut ini.

Asus X441U

Asus X441U

Spesifikasi Asus X441U

Ada banyak sekali sub-seri atau varian dari x441u mulai dari yang paket hemat sampai paket sultan ( eh, paket orang berduit, belum sampe kelas sultan hehe 😀 ). Untuk seri Asus X441U yang saya rekomendasikan adalah X441U yang memiliki spesifikasi sebagai berikut.

Prosesor : Intel Core i3-6006u atau Core i3-6100u (SkyLake Generation).

RAM : 4GB DDR4 (bawaan) bisa di upgrade karena memiliki slot DIMM tambahan.

Storage : 500GB Hardisk Drive (bisa diupgrade ke SSD SATA).

Grafis : Intel HD Graphics 520 dan NVIDIA Geforce 920mx 2GB.

Kebanyakan untuk di pasaran lebih banyak yang ber-prosesor 6100u, tetapi 6006u juga tidak terlalu buruk ( karena saya pakai varian yang ini 😀 ). Oiya laptop tipe ini masih mempunyai slot DVD Drive, jadi kalau kamu mau copot DVD Drivenya lalu dikasi HDD Cady dan pasang Hardisk Tambahan bisa banget 😀 .

Alasan Membeli Laptop Second

Alasan Pertama

Alasan pertama untuk membeli laptop second (tentunya dengan kondisi yang masih layak, kalau bisa si masih mulus dan terawat) dari pada laptop baru adalah dari sisi harga dan performance yang didapatkan. Jadi bagi kamu yang mempunyai rezeki berlebih bisa skip artikel ini atau kamu bisa baca buat tambah informasi 😀 . Oiya bagi kamu yang mempunyai rezeki berlebih, kamu bisa memberikan sedikit rezekimu ke orang lain, bisa lewat Lazis, WKSBM ( apa itu? simak artikel berikutnya ya 🙂 ), atau lembaga-lembaga amal yang lainnya.

Baca :  Cara Mendaftar IndiHome Paket Learning From Home

Alasan Kedua

Alasan kedua kenapa saya menyarankan untuk membeli laptop second (terutama untuk kebutuhan pembelajaran online di masa pandemi seperti ini) setelah harga adalah kebutuhan dan spesifikasi yang didapat. Simpel saja, dengan harga 3,5jt-an kamu bisa dapat laptop second dengan kondisi yang mulus terawat dan layak pakai dengan spesifikasi prosesor Intel Core i3-6006u, RAM 4GB, Storage 500GB HDD. Sedangkan kalau baru mungkin kamu cuma bisa dapat prosesor Intel Celeron, RAM 2GB atau 4GB dan dengan storage 128GB SSD.

Gambaran harga x441u tanpa NVIDIA

Gambaran harga x441u tanpa NVIDIA

 

Gambaran harga x441u dengan NVIDIA

Gambaran harga x441u dengan NVIDIA

Ya memang, tidak semua celeron itu buruk, tapi kembali lagi dengan poin penting dalam pembahasan ini yaitu untuk pembelajaran online atau daring, pekerjaan si-laptop tidak cuma untuk sekedar mengetik, membuat presentasi sambil buka-buka chrome atau mozila satu atau dua tab lho ya. Pembelajaran daring atau online sekarang ada yang menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, dan teman-temannya, bahkan dibeberapa guru kreatif mereka menggunakan multimedia interaktif seperti membuat media dengan Adobe Flash dan Captivate demi menekan biaya internet yang membengkak bagi siswa karena kuota yang lebih cepat habis jika pembelajaran semua menggunakan video. Jadi, disinilah tantangannya kenapa sebaiknya cari laptop yang agak lumayan bertenaga menjadi penting.

Baca :  Cara Mendaftar IndiHome Paket Learning From Home

Alasan Ketiga

Alasan ketiga adalah masalah penyimpanan. Memang SSD itu lebih kencang dan lebih cepat minimal 4-5x dari pada Hardisk Drive biasa, tetapi kalau hanya karena itu kamu memilih storage penyimpanan di masa pandemi seperti ini, apalagi harga yang terpaut 1-2jt menurut saya sepertinya kurang bijak. Karena pembelajaran online ini siswa mengikuti banyak mata pelajaran sehingga bahan dan berkas untuk keperluan belajar mandiri akan lebih banyak untuk disimpan, jadi ukuran storage menjadi pertimbangan yang penting daripada kecepatan transfernya.

Alasan Keempat

Alasan keempat atau alasan terakhir yaitu laptop dengan slot DVD Drive bisa dipergunakan untuk mengupgrade storage laptop dengan SSD dan slot DVD Drive bisa dipergunakan untuk memasang hardisk bawaan. Kamu hanya perlu menambah sekitar 500rb sampai 800rb untuk mengupgradenya. Sebagai gambaran, harga SSD SATA 128Gb sekitar 300-500rb (tergantung merk) dan 256Gb sekitar 450-700rb (tergantung merk) kemudian ditambah beli HDD Cady sekitar 80-120rb (perhatikan juga apakah laptopmu tipe slim atau bukan karena HDD Cady-nya berbeda). Kamu bisa tempatkan SSD SATA 128Gb atau 256Gb di slot Hardisk bawaan, kemudian Hardisk bawaan kamu pasang ke HDD Cady dan colok ke tempat DVD Drive. Satu hal lagi, RAM di laptop x441u (yang pakai i3-6006u tau i3-6100u atau yang di atasnya) memiliki slot RAM tambahan yang masih kosong, jadi kamu bisa upgrade jadi 8GB kalau dirasa kurang. Dan jenis RAM yang digunakan sudah DDR4, jadi ya lebih kencang dari pada DDR3 (kayaknya si) 😀 .

Baca :  Cara Mendaftar IndiHome Paket Learning From Home

Nah dengan kondisi laptop second Core i3-6006u + RAM 4GB + SSD 128Gb + Hardisk 500Gb dengan harga 3,5jt-an akan lebih baik dalam penggunaan dari pada kamu ngebet beli baru yang hanya dapat spek Intel Celeron + RAM 4GB + SSD 128GB.

Kesimpulan

Untuk kesimpulannya, saya akan amat sangat menyarankan untuk membeli X441U second dengan harga 3,5jt-an daripada beli laptop baru Intel Celeron ber SSD dengan harga 3-4,5jt. Karena apa? ya karena harga dan perbandingan spesifikasi yang didapat. Kenapa saya bisa sangat yakin menyarankan X441U? karena saya memakai laptop ini dengan varian Prosesor Core i3-6006u, RAM 4GB, 500GB HDD dan NVIDIA 920mx 2GB. Dipakai membuat presentasi sambil cari bahan di google sambil mendengarkan pembelajaran di Zoom masih lancar-lancar sekali. Tentang masalah peng-upgrade-an, karena Alhamdulillah saya ada rezeki, sekarang laptop ini sudah saya upgrade ( dulunya secara perlahan ya jadi satu-satu upgradenya 😀 ) menjadi RAM 8GB dan tambah SSD 512GB. Jadi? ya laptop second yang menolak tua, bahkan saya sering menggunakan laptop ini untuk video editing ( ya sekali-kali buat video pembelajaran biar siswanya ndak bosan hehe 😀 ) pakai Adobe Premiere duet dengan Adobe Audition masih bisa digunakan.

Nah mungkin sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat. Ingat ya artikel ini bisa jadi referensi untuk membeli laptop dengan kebutuhan pembelajaran daring dengan harga mepet tetapi spesifikasi tidak kaget, kalau kamu ada uang berlebih mau beli baru ya silahkan 🙂 tapi jangan lupa berbagai kepada yang membutuhkan terutama di pandemi seperti saat ini, uluran bantuanmu akan sangat berharga ( segera hubungi lembaga amal terdekat 😀 ). 

Total dibaca 672 kali, Dibaca hari ini 5 kali

Share this story: