Cara Keluar dari Recovery Mode iPhone

Cara Keluar dari Recovery Mode iPhone

Cara Keluar dari Recovery Mode iPhone

Cara Keluar dari Recovery Mode Iphone Postingan ini merupakan buah dari pengalaman panik saya ketika tiba-tiba iPhone saya masuk recovery mode setelah saya restart. Sebelum saya restart iPhone masih dalam kondisi baik-baik saja dan masih saya pakai seperti biasanya (kirim email, whatsapan, ngedit-ngedit video dikit, dll). Kalau ditanya panik? Jelas iya, soalnya data penting masih ada di whatsapp dan foto-foto kerjaan masih di situ semua, berabe kalau harus lost data waktu itu. Nah setelah coba sana-sini dan googling dengan rajin, saya menjumpai beberapa cara dan saya terapkan Alhamdulillah berhasil keluar dari Recovery Mode dan tanpa lost data, hehe 😀 . Oke berikut merupakan cara-cara yang saya lakukan untuk membuat iPhone saya keluar dari Recovery Mode tanpa kehilangan data / lost data.

iPhone X di Recovery Mode

iPhone X di Recovery Mode (sumber foto: https://picjumbo.com/iphone-recovery-mode)

Syarat Sebelum Pakai Cara Ini

Sebelum mempraktikan cara di bawah ini, perlu saya sampaikan beberapa syarat atau kondisi agar tidak terjadi salah paham. Salah paham seperti apa? salah paham di sini adalah kamu mempraktikan cara ini padahal kondisi iPhone kamu sebelumnya sudah Error duluan (kondisi iPhone saya masih baik-baik saja sebelum direstart), kamu mempraktikan cara ini ketika iPhone kamu cuma mentok di Logo iTunes ketika dinyalakan (kondisi iPhone saya berada di Recovery Mode dengan logonya gambar Laptop seperti foto di atas, bukan mentok logo iTunes), dan beberapa kondisi lainnya.

Akan tetapi, jika kamu ingin mencoba cara ini silahkan dengan ketentuan apa yang terjadi setelahnya menjadi tanggungan anda sendiri ya. Oke? 😀 . Sebenarnya cara untuk keluar dari Recovery Mode di iPhone sudah banyak yang posting dalam bahasa inggris dengan berbagai cara juga. Coba saja telusuri dengan kata kunci How To Exit from iPhone Recovery Mode. Akan tetapi di postingan ini, saya rangkum hasil googling saya kemudian saya sampaikan dengan bahasa Indonesia agar mudah dipahami serta yang terpenting yaitu Cepat Tertangani!. Oke langsung saja gas, mari simak cara berikut ini. (perhatikan langkahmu baik-baik, ya di setiap stepnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan) 🙂 .

Baca :  Cara Mudah Mematikan Windows Defender

Cara 1 : Tanpa Menggunakan Bantuan Komputer atau Laptop

Cara pertama ini patut kamu coba ketika iPhone kamu masuk recovery mode terus menerus walaupun sudah direstart berkali-kali dan posisi sedang tidak di rumah atau di dekat Komputer/Laptop. Berikut adalah step-stepnya.

  1. Untuk iPhone 6/6s/6s Plus kamu bisa tekan dan tahan tombol power dan tombol home secara bersamaan ( Press and hold the power button and home button
    ). Setelah logo Apple muncul kamu bisa lepaskan tombol-tombolnya.
  2. Untuk iPhone 7/7 Plus/8/8 Plus kamu bisa tekan dan tahan tombol power dan tombol volume bawah ( Press and hold the power button and volume down button ). Setelah logo Apple muncul kamu bisa lepaskan tombol-tombolnya.
  3. Untuk iPhone X/Xs/Xs Max/Xr/11/11 Pro/11 Pro Max kamu bisa tekan tombol volume up kemudian lepaskan kemudian tekan tombol volume down kemudian lepaskan (tekan volUp -> lepas -> tekan volDown -> lepaskan ini dilakukan secara cepat yaa) kemudian tekan tombol power dan tahan ( Press volUp and release quickly, then press volDown and release quickly, and the press and hold power button ). Setelah logo Apple muncul kamu bisa lepaskan tombol powernya.

Bagaimana sudah bisa keluar dari Recovery Mode iPhonenya? Kalau sudah saya ikut senang, kalau belum langsung saja menuju cara kedua.

Cara 2 : Menggunakan Bantuan Komputer atau Laptop

Pada cara kedua ini sayangnya kamu harus menggunakan bantuan Komputer atau Laptop. Cara ini menggunakan bantuan software jadi sebaiknya siapkan koneksi internet ya untuk mengunduh atau men-download softwarenya. Tenang, software ini gratis kok, untuk menggunakan fitur Exit Recovery Modenya tidak akan dikenakan biaya ABCD hehe 😀 . Di website resminya, cara ini berhasil untuk versi iOS 12.3 – 13, akan tetapi cara ini sudah saya praktikan di iPhone saya dengan versi iOS 13.5.1 dan berhasil. Oke langsung saja mari kita gass.

Langkah Pertama

Mari kita unduh atau download dulu softwarenya. Nama softwarenya adalah Dr. Fone dari Wondershare. Download di sini untuk Windows atau download di sini untuk MacOS. Pastikan kamu mengunduh sesuai Operation System (OS) kamu ya, jangan sampai salah atau tertukar.

Langkah Kedua

Setelah itu silahkan install softwarenya. Untuk langkah-langkah penginstallan software ini berbeda ya antara Windows OS dan MacOS, jadi untuk langkah penginstallan saya anggap sudah bisa karena seperti install software pada umumnya di masing-masing OS.

Langkah Ketiga

Hubungkan iPhone kamu ke komputer atau laptop dengan kondisi hidup. Kondisi hidup di sini maksud saya ketika iPhone kamu hidupkan dan berada di Recovery Mode dengan tanda iPhone kamu hanya muncul gambar kabel dan logo laptop.

Langkah Keempat

Nah langkah selanjutnya yaitu buka aplikasi Dr. Fone di komputer atau laptop kamu. Kemudian secara otomatis jika iPhone kamu yang masuk Recovery Mode terhubung dan dikenali maka akan muncul jendela pop-up System Repair seperti gambar di bawah ini.

Nah, kalau tidak muncul pop-up? tenang tidak masalah kamu tinggal klik saja menu System Repair di halaman utamanya ( jangan panik, perjalanan masih panjang hehe 😀 ).

Langkah Kelima

Langkah berikutnya yaitu klik pada Exit Recovery Mode di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu akan muncul jendela seperti di bawah ini.

Langkah Keenam

Langsung saja eksekusi dan klik pada tombol berwarna biru bertuliskan Exit Recovery Mode. Tunggu sejenak dan yapp iPhone kamu akan reboot dan kembali menuju home seperti semula tanpa kehilangan data kamu. Selesai

Nah itulah tadi cara untuk mengeluarkan iPhone kamu dari Recovery Mode atau How to Exit Recovery Mode on iPhone. Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembacanya serta yang terpenting semoga berhasil dan iPhone kamu kembali seperti semula, Aamiin 🙂 . Semoga para pembaca dilancarkan rizkinya serta sehat selalu aamiin. Sampai jumpa di postingan-postingan berikutnya. 😀

Total dibaca 150 kali, Dibaca hari ini 8 kali

Share this story:

Write a comment

Memuat...