Cara menyematkan Video YouTube dengan AutoPlay

Cara menyematkan Video YouTube dengan AutoPlay

Cara menyematkan Video YouTube dengan AutoPlay

Cara menyematkan Video YouTube dengan AutoPlay – Sedang mencari cara untuk menyematkan video dari YouTube ke blog atau website kamu? atau kamu sedang mencari cara untuk menyematkan video dari YouTube yang akan otomatis terputar / autoplay jika ada yang membuka halaman blog atau website kamu? Nah mari simak artikel ini untuk menambah pengetahuanmu.

YouTube Logo

YouTube Logo

Cara menyematkan Video YouTube

Bagaimana cara menyematkan atau bahasa lainnya yaitu meng-embed video dari Channel YouTube kamu ke dalam halaman blog atau website kamu? Berikut ada beberapa cara untuk menyematkan video YouTube kamu, cara tersebut adalah:

  1. Dengan fitur bawaan sematkan/embed di halaman video kamu.
  2. Dengan mengganti script dengan link video kamu.

Menyematkan video YouTube dengan Fitur bawaan

Cara pertama yaitu dengan menggunakan fitur bawaan YouTube yaitu fitur sematkan atau embed. Cara ini merupakan cara termudah untuk pengguna yang awam akan HTML, akan tetapi jika menggunakan cara ini maka video yang tersematkan ukurannya ditentukan oleh YouTube. Untuk mengubah ukurannya maka kamu harus mengedit scriptnya. Ukuran yang dimaksud di sini adalah ukuran panjang dan lebar video kamu.

Baca :  Menghapus Microsoft Office yang Bandel dengan Microsoft SARA

Oke langsung saja, berikut adalah cara pertama untuk menyematkan Video dari YouTube Channel kamu memakai fitur bawaan.

  1. Buka link video YouTube yang ingin kamu sematkan. Misalnya saya menggunakan link dari video ini: https://www.youtube.com/watch?v=E3DPTsJrUhg. Link video YouTube dapat kamu kopi pada bagian seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
  2. Nah setelah itu cari tombol “SHARE” atau “BAGIKAN“. Letak tombol tersebut dapat dilihat seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Nah setelah itu akan muncul kotakan bermacam-macam pilihan. Kemudian di dalam kotakan itu kamu pilih “EMBED” atau “SEMATKAN“. Untuk gambarannya seperti pada gambar di bawah ini.
  4. Nah setelah kamu pilih embed atau sematkan, kemudian akan muncul kotakan lagi yang berisi preview video kamu dan di samping/di bawahnya terdapat kotakan yang berisi kode-kode. Nah silahkan klik “COPY” atau “SALIN“. Untuk gambarannya seperti gambar di bawah ini.
  5. Selesai. Kamu dapat menempelkan kode-kode tersebut ke widget HTML blog kamu atau website kamu.
  6. Nah, untuk merubah ukuran videonya silahkan ganti pada bagian yang saya beri kotak merah pada gambar berikut ini. Kotak merah untuk mengubah panjang, sedangkan kotak hijau untuk mengubah lebar atau tingginya.
Baca :  Membuat E-learning Moodle dengan mudah

Nah itu tadi adalah langkah untuk menyematkan video YouTube ke blog atau website menggunakan fitur atau tombol bawaan di bawah video YouTube kamu.

Menyematkan video YouTube dengan kode HTML

Nah cara yang kedua ini sebetulnya hanya kustomisasi dari kode HTML yang ada di dalam bawaan tombol embed atau sematkan pada cara pertama. Namun, banyak yang memakai cara ini terutama bagi mereka yang ingin menyematkan beberapa video sekaligus karena tinggal mengkopi dan menempelkannya kemudian menggantinya dengan link video YouTube yang ingin di sematkan. Bagai mana caranya? caranya kamu tinggal kopi script di bawah ini.

<iframe width=”560height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/E3DPTsJrUhg” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Untuk keterangan warna dari kode tersebut adalah warna merah untuk mengganti ukuran panjang video, warna hijau untuk mengganti ukuran lebar atau tinggi video dan warna biru untuk tempat link video yang akan kamu sematkan.

Nah, bagaimana? menurut kamu manakah cara termudah? dan yang terpenting kamu mau pakai cara yang mana? semua terserah kamu, yang penting pilih saja cara yang menurutmu paling mudah diingat atau paling mudah di aplikasikan. 😀

Baca :  Cara Menghapus atau Uninstall Microsoft Office

Cara membuat AutoPlay video YouTube yang di sematkan

Cara ini adalah cara untuk membuat video YouTube yang telah kamu sematkan dapat otomatis diputar ketika ada yang membuka halaman yang tentunya sudah kamu sematkan vide dari YouTube 😀 . Caranya cukup mudah, coba perhatikan kode HTML berikut.

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/E3DPTsJrUhg?autoplay=1” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Nah, untuk membuatnya autoplay atau otomatis diputar kamu cukup menambahkan kode yang berwarna merah pada bagian setelah link video YouTube kamu (bagian yang berwarna biru). Cukup mudah bukan? hehe 😀

Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi yang membaca. Semoga para pembaca dilancarkan rizkinya serta sehat selalu aamiin. Sampai jumpa di postingan-postingan berikutnya. 🙂

Total dibaca 55 kali, Dibaca hari ini 1 kali

Share this story:

Write a comment