domain name

Jenis-jenis ekstensi domain yang perlu kita tahu – Sudah tahu tentang apa itu domain? Oke kita cuplik sebentar dari artikel sebelumnya, domain adalah alamat atau nama yang kita pakai atau ketik untuk menuju ke sebuah situs web. Kalau belum silahkan baca dahulu tentang pengertian domain pada artikel mengenal lebih dalam tentang domain. Nah kalau kamu sudah baca, maka dari artikel tersebut akan kita tambah lagi beberapa info tentang domain melalui artikel ini. Yuk langsung saja simak artikel berikut ini.

domain name
sumber: https://domain.me/wp-content/uploads/2018/08/domain-featured-image.jpg

Jenis-jenis Ekstensi Domain

Nah setelah kamu tahu apa itu domain, sekarang waktunya kamu menyelam lebih dalam hehe. Kali ini kita akan belajar bersama mengenai jenis-jenis domain yang ada (saya masih belajar juga, jadi kalau ada kesalahan atau apa itu, mari kita benahi sama-sama hehe). Untuk apa kita perlu tahu tentang jenis-jenis domain? Bicara soal domain sebagai identitas, maka pemilihan jenis domain tertentu dapat membantumu untuk membangun identitas website yang ingin kamu buat. Oke lanjut, berikut merupakan jenis-jenis ekstensi domain.

Baca :  Mengenal tentang apa itu nama domain

1. Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain atau TLD adalah tipe atau jenis domain tertinggi di internet. Biasanya kita-kita orang awam bilangnya domain TLD. Contoh dari Domain TLD ini antara lain .com, .org, .net, .us, .in, .id dan lainnya. Selain itu, TLD ternyata terbagi juga menjadi beberapa kategori, yaitu ccTLD, gTLD dan pTLD.

a. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Country Code Top Level Domain atau ccTLD adalah ekstensi domain yang dimiliki atau identitas dari suatu negara, seperti .id untuk Indonesia, .us untuk United States, .in untuk India, .my untuk Malaysia dan yang lainnya. Untuk domain ccTLD ini sepertinya kebanyakan dapat didaftarkan oleh siapapun meski bukan warga negara yang bersangkutan. Seperti .us dan .in dapat kita daftarkan meskipun kita bukan warga negara United States ataupun India. Akan tetapi untuk domain .id, .my.id, .web.id, dan yang lainnya, kita memerlukan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Indonesia untuk mengaktifkannya. Pada saat saya mendaftarkan domain ini dan beberapa domain berakhiran .id saya lainnya, saya perlu mengunggah foto KTP saya, entah apakah peraturan ini masih berlaku atau tidak.

Baca :  Mengenal tentang apa itu nama domain

b. Generic Top Level Domain (gTLD)

Generic Top Level Domain atau gTLD adalah ekstensi domain umum yang dapat digunakan. Domain ini contohnya seperti .com, .org, dan .net. Untuk mendaftarkan domain ini kamu tidak perlu mengunggah persyaratan-persyaratan seperti Identitas (KTP misalnya). Oh, ya.. ekstensi domain ini kabarnya merupakan yang paling banyak dipergunakan.

c. Premium Top Level Domain (pTLD)

Premium Top Level Domain atau pTLD adalah ekstensi domain khusus yang merujuk kepada suatu kategori tertentu. Contoh dari ekstensi domain ini adalah .travel biasanya dipergunakan untuk website-website yang menyediakan jasa travel atau blogger yang membahas tentang travelling, .site biasanya dipergunakan bagi para blogger yang ingin fokus membahas tentang tips dan trik blogging atau cara-cara membangun sebuah website atau bahkan mereka-mereka yang menyediakan jasa pembuatan web dan toko online.

2. Second Level Domain

Second Level Domain adalah nama domain yang kamu daftarkan. Misalnya domain saya ini yaitu about.my.id maka “about” adalah Second Level Domain-nya kemudian .my.id adalah ekstensi domainnya atau Top Level Domain.

3. Third Level Domain

Third Level Domain adalah nama subdomain dari domain kamu. Subdomain ini contohnya seperti dalam blog saya ini yaitu blog.about.my.id, maka “blog” merupakan Third Level Domain-nya. Pembuatan atau penggunaan dari subdomain ini biasanya dikarenakan ada alasan tertentu, misal penggunaan subdomain “blog” pada “blog.about.my.id” yang dikhususkan untuk menempatkan blog saja, “tutorial” pada “tutorial.produksaya.id” misalnya dikhususkan untuk memuat tutorial dari produk yang kita jual, atau “elearning” pada “elearning.uad.ac.id” yang dikhususkan sebagai subdomain untuk mengakses elearning dari sebuah institusi atau universitas tertentu.

Baca :  Mengenal tentang apa itu nama domain

Nah sekian artikel kali ini, kalau ada informasi yang nanggung atau kurang benar bisa komen agar nanti dapat saya benahi. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat serta menambah ilmu.

Leave a Comment