Mengenal Google Scholar atau Google Cendekia – Siapa nih yang belum tau atau sedang mencari atau tentang apa itu Google Scholar? atau lagi dapat tugas untuk mencari tau apa itu Google Scholar? Google Scholar bisa jadi tempat favorit jika kamu adalah mahasiswa tingkat akhir atau kamu peneliti dari kalangan guru maupun dosen lhoh 😀 . Nah, simak artikel berikut yuk untuk mengenal dan mengetahui tentang apa itu Google Scholar dan kegunaannya.

Logo Google Scholar
Logo Google Scholar

Apa itu Google Scholar?

Google Scholar atau Google Cendekia (dalam bahasa Indonesia) merupakan tempat untuk mencari referensi-referensi ilmiah. Nah tau kan yang dimaksud ilmiah disini yaitu referensi-referensi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Contoh referensi-referensi ilmiah yaitu referensi dari Jurnal, Prosiding, Buku, dan yang lainnya. Memangnya ada referensi-referensi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan? Ada dong, referensi-referensi yang berasal dari blog yang tidak ada sumbernya bisa dianggap referensi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Tapi gak semua referensi dari blog itu tidak bisa dipertanggungjawabkan lho ya. Misalkan referensi dari blog yang mencantumkan sumber dari buku ata jurnal bisa jadi postingan itu dapat dijadikan bahan pendukung atau penambah keyakinan (tapi jangan dijadikan referensi utama ya 😀 ). Tampilan awal Google Scholar memang mirip dengan halaman Google. Untuk tampilan awal Google Scholar kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini.

Kegunaan Google Scholar

Kegunaan Google Scholar yaitu untuk mencari khusus referensi-referensi ilmiah. Jadi kalau di google biasa itu kamu cari dengan kata kunci misal COVID-19, maka yang akan muncul adalah berita-berita, kabar, gambar-gambar serta info-info tentang COVID-19. Sementara jika kamu cari di Google Scholar atau Google Cendekia dengan kata kunci COVID-19, maka yang akan muncul adalah referensi tentang apa itu COVID-19 yang berasal dari jurnal maupun prosiding, penelitian-penelitian yang sudah dipublikasikan tentang COVID-19 dan mungkin obat atau cara penyembuhan atau pencegahan COVID-19 jika memang sudah ada yang menemukan dan mempublikasikannya.

Untuk siapa Google Scholar?

Google Scholar atau Google Cendekia sebenarnya diperuntukan bagi siapa saja yang ingin menggunakannya, tapi bagi para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, tesis atau disertasinya bisa jadi Google Scholar adalah teman yang akrab. Bapak/Ibu guru dan dosen serta para peneliti juga mungkin akan berteman akrab dengan salah satu produk dari Google ini untuk mencari referensi-referensi bagi karya tulis atau paper beliau-beliau.

Saya tau Google Scholar darimana?

Sebenarnya gak penting tapi gak papa lah ya cerita sedikit. Alkisah, saya mengetahui Google Scholar sebenarnya juga belum terlalu lama. Saya mengetahui Google Scholar dan hal-hal per-publikasian ini saat saya sudah semester VII (tujuh) sekitar tahun 2017 kemarin. Ya bisa dibilang masih awam atau newbie lah ya tapi tidak ada salahnya kan ya untuk berbagi, “karena kebaikan sebiji sawipun dapat menjadi ladang barokah dan pahala” kata guru ngaji saya 😀 . Nah untuk manfaat dan kegunaan Google Scholar atau cara memakainya saya akan bagikan di blog ini, jadi tunggu update artikel berikutnya ya 😀 .

Nah sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi yang membaca. Semoga para pembaca dilancarkan rizkinya serta sehat selalu aamiin. Sampai jumpa di postingan-postingan berikutnya. 🙂

Leave a Comment