domain name

Mengenal tentang apa itu nama domain – Pernah mendengar apa itu domain? Domain yang kita maksud disini domain dalam ranah internet ya bukan dalam ranah matematika atau yang lainnya :D. Bagi kamu seorang pengusaha dibidang kuliner, pariwisata, blogger, atau jurnalis yang ingin meng-online kan tulisan atau bisnisnya, maka kamu harus mengetahui tentang informasi ini. Yuk baca lebih lanjut agar kamu dapat mengenal tentang apa itu domain.

Domain list picture
sumber: https://domain.me/wp-content/uploads/2018/08/domain-featured-image.jpg

Pengertian Domain

Apa itu Domain? Domain adalah alamat atau nama yang kita pakai atau ketik untuk menuju ke sebuah situs web. Tidak hanya itu, domain juga menjadi identitas dari sebuah situs web tersebut. Nama domain terdiri dari dua elemen. Misal seperti, “google.com” merupakan domain dari Google dengan ekstensi nama domain “.com”, “facebook.com” merupakan domain dari Facebook dengan ekstensi nama domain “.com”, dan “twitter.com” merupakan domain dari Twitter dengan ekstensi nama domain “.com”. Apakah domain hanya “.com” saja? Tidak, ada banyak domain lain seperti .org, .net, .us, .id, .me, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, karena domain juga merupakan sebuah identitas dari sebuah web, maka dalam pemilihannya tentu jangan asal pilih dong, ya? Dalam memilih domain sebaiknya mempertimbangkan hubungannya dengan produk yang kita jual, tulisan-tulisan kita (jika kamu seorang blogger, jurnalis atau penulis cerita online), atau yang lainnya. Diusahakan juga dalam memilih domain yaitu memilih domain yang sederhana dan mudah diingat.

Baca :  Jenis-Jenis Ekstensi Domain yang Perlu Kita Tahu

Bagaimana cara mendaftarkan domain?

Registrasi nama domain dikelola oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned names and Numbers). Tetapi jika kamu mau daftarkan domain kamu, kamu bisa mendaftarkannya melalui penyedian jasa domain dan hosting yang sudah banyak di Indonesia. Kamu bisa memilih atau lihat-lihat ke forum Diskusi Web Hosting. Di sana ada banyak para pengusaha hosting mulai dari yang target marketnya para pemula sampai korporat, yang tentunya harga dan pelayananya tergantung target marketnya ya.

Secara umum proses pendaftaran nama domain sebenarnya sangat simpel, berikut tahapannya secara umum.

  1. Cari halaman pendaftaran domain atau informasi domain di web jasa domain dan hosting kepercayaan kamu. (Bisa lihat-lihat ke forum DWH, biasanya ada yang ngadain promo, bundling, atau bagi-bagi diskon hehe).
  2. Setelah itu akan disuguhkan sebuah kotak pencarian besar, nah silahkan tuliskan nama domain kamu di situ. Ada beberapa yang memisahkan domain dan ekstensinya tapi ada juga yang menggabungkannya. Biasanya kalau di samping kotak besar itu ada kotak kecil berisikan pilihan .com, .net, .org dan yang lainnya, berarti kamu tinggal mengetikan nama domain saja tanpa ekstensi, tetapi jika cuma kotak besar satu dan disampingnya atau di bawahnya hanya ada tombol search, berarti silahkan ketikan nama domain beserta ekstensinya, misal: about.my.id, about adalah nama domain sedangkan .my.id adalah ekstensi domain, oke. Berikut adalah contoh kotak pencarian untuk daftar domain, gambar pertama adalah kotak pencarian yang mana bisa kamu tuliskan nama domain beserta ekstensinya secara langsung sedangkan gambar yang kedua merupakan kotak pencarian dimana nama domain dan ekstensinya terpisah.
    Domain with Extension Bar
    sumber: hoster.co.id

    example of domain bar and extension bar
    sumber: natanetwork.com
  3. Tahap selanjutnya adalah verifikasi reCaptcha. Ini untuk memastikan bahwa kamu adalah manusia atau lebih tepatnya bahwa kamu bukan robot yang sedang ditugaskan untuk cari-cari nama domain. Tahap ini ada di beberapa penyedia layanan saja, jika kamu tidak menemui tahap ini jangan khawatir, lanjut saja ke poin berikutnya.

    Verifikasi reCaptcha
    sumber: natanetwork.com
  4. Akan muncul halaman yang menginformasikan bahwa nama domain beserta ekstensi yang kamu daftarkan apakah masih tersedia atau sudah didaftarkan oleh orang lain. Di halaman tesebut juga biasanya ada saran nama domain lain yang mirip dengan domain yang kamu daftarkan, misal mirip namanya atau bahkan dengan nama yang sama tetapi degan ekstensi yang berbeda.

    Contoh ketika domain tersedia
    sumber: natanetwork.com
  5. Jika nama domain kamu tersedia maka langsung klik Add to Chart kemudian Checkout, akan tetapi jika nama domain kamu tidak tersedia, coba pilih salah satu alternatif nama domain yang disarankan kemudian klik checkout atau coba cari nama domain lain.

    Contoh ketika domain tidak tersedia
    sumber: natanetwork.com
  6. Setelah checkout kamu akan dibawa ke halaman untuk memasukan nameserver (apa itu nameserver? Kita bahas lain kali hehe).
  7. Setelah itu akan ada halaman konfirmasi berupa nama domain yang kamu ingin daftarkan, beserta pajak (jika ada), beserta hosting (jika kamu juga pesan hosting), total harga dan ada kotak untuk memasukan kode kupon untuk diskon. Kemudian kalau sudah selesai klik Checkout.
  8. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman untuk registrasi, jika kamu tidak memiliki akun diweb penyedia jasa tersebut maka silahkan isi data-data anda, akan tetapi jika sudah ada silahkan klik bagian login atau masuk sebagai member. Kemudian pilih payment details atau cara kamu bayar. Kemudian centang pada bagian I have read and agree bla bla bla… .
  9. Setelah itu klik checkout dan selesai.

Masih bingung degan tahapannya? Tentnag biasanya penyedia hosting dan domain yang baik akan memberikan step-step lebih detail lagi pada halaman help, tutorial, blog atau knowledgebase mereka. Sekian artikel ini semoga bermanfaat, dan selamat mendaftarkan nama domain anda.

One Thought to “Mengenal tentang apa itu nama domain”

  1. […] menuju ke sebuah situs web. Kalau belum silahkan baca dahulu tentang pengertian domain pada artikel mengenal lebih dalam tentang domain. Nah kalau kamu sudah baca, maka dari artikel tersebut akan kita tambah lagi beberapa info tentang […]

Leave a Comment