Blog


Membuat SKCK di Polres Bantul

Membuat SKCK di Polres Bantul – Artikel kali ini memuat pengalaman pribadi saya dalam membuat SKCK di Polres, tepatnya di Polres Bantul. Kali ini akan saya bagikan pengalaman saya dalam mencari atau mengurus SKCK di Polres Bantul. Perlukah membuat SKCK sampai ke Polres? Atau cukup sampai Polsek saja? Mungkin para pembaca ada yang sedang mencari atau mengurus SKCK di Polres Bantul juga dan belum tau apa yang harus dipersiapkan. Oleh karena itu, mungkin artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat, yuk simak lebih lanjut artikel berikut ini.

SKCK menjadi teman erat para pencari kerja kalau kata orang-orang. Ya karena banyak sekali lowongan pekerjaan yang mensyaratkan SKCK sebagai syarat utamanya. Jika kamu adalah salah satu pencari kerja atau memerlukan SKCK yang diterbitkan di Polres, mungkin artikel ini dapat membantu kamu mempersiapkan syarat-syarat untuk membuat SKCK di Polres, lebih spesifiknya di Polres Bantul. Selingan informasi, jika kamu sedang mencari SKCK untuk pemberkasan CPNS atau mendaftar TNI/POLRI, maka kamu harus membuatnya di tingkat Polres, jadi di Polsek kamu hanya meminta surat rekomendasi saja untuk dibawa ke Polres.

Sebagai informasi, apabila SKCK kamu sudah habis masa berlakunya dan tidak lebih dari satu tahun maka kamu dapat memperpanjangnya saja. Apabila SKCK kamu sudah habis masa berlakunya dan habisnya lebih dari satu tahun yang lalu, maka kamu akan diarahkan untuk membuat SKCK baru. Bagi kamu yang sudah mempunyai SKCK Sebelumnya (baik yang masa berlakunya sudah habis lebih dari satu tahun atau kurang dari satu tahun) kamu dapat melampirkannya di persyaratan saat mendatangi loket pemberian berkas sebagai pengganti pengambilan Sidik Jari, sehingga kamu tidak perlu menambah waktu lagi untuk antri dan melakukan perekaman sidik jari.

Bagi yang belum tau, untuk lokasi Polres Bantul sendiri berada di Jl. Jend. Sudirman No.202, Bejen, Bantul, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55711 tepatnya sebelah utara persis perempatan gose atau sebelah selatan Pasar Bantul dan PKU Muhammadiyah Bantul, atau bisa klik link ini untuk menuju ke Google Maps. Atau klik di sini untuk memulai rute ke Polres Bantul.

Cara Membuat SKCK Offline di Polres Bantul

Sebagai gambaran, proses pembuatan SKCK offline di Polres Bantul sesuai pengalaman saya adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Polres Bantul.
  2. Menuju Hall atau Loby Utama Polres Bantul (Bagian Informasi).
  3. Belok ke kanan atau ke selatan melalui pintu kaca.
  4. Pergi ke bagian yang bertuliskan SKCK.
  5. Carilah nomor antrian terlebih dahulu (biasanya ada petugas yang memberikan nomor antrian sekaligus formulir atau blanko yang harus diisi untuk pembuatan SKCK, biasanya ada di sebelah pintu yang memisahkan antara ruang SKCK dan ruang pengambilan sidik jari).
  6. Mengambil nomor antrian.
  7. Mengisi Formulir yang telah disediakan (contoh pengisian formulir atau papan contekannya ada di depan loket pemberian berkas, papannya menghadap ke barat di atas meja miring yang telah disediakan juga untuk menulis formulir).
  8. Melakukan pengambilan atau perekaman sidik jari di ruang perekaman sidik jari di sebelah ruangan pembuatan SKCK (ruangannya agak kecil menghadap ke timur, letaknya di selatan persis ruang SKCK).
  9. Setelah itu antri untuk menyerahkan berkas di Loket Penyerahan Berkas.
  10. Di loket penyerahan berkas, nanti berkas kamu akan di cek oleh petugas, jika ada yang salah atau kurang benar dalam mengisi, maka berkas akan dikembalikan, jadi pastikan mengisinya sesuai contekan yang ada di papan contekannya ya biar tidak antri lagi).
  11. Di loket penyerahan berkas setelah berkas di cek oleh petugas dan dinyatakan lengkap, maka kamu akan diminta membayarkan biaya administrasi sebesar Rp. 30.000,- atau Tiga Puluh Ribu Rupiah. Kamu juga akan ditanya keperluan pembuatan SKCK yang nanti akan dituliskan di Lembar SKCK yang kamu buat (bagi yang pendaftatran CPNS harap mencermati bagian ini karena beberapa instansi menyaratkan kalimat khusus untuk dituliskan di bagian ini, jadi sampaikan saja ke petugas).
  12. Setelah itu silahkan tunggu di ruang tunggu yang telah di sediakan, bisa sambil Wi-Fian atau browsing-browsing karena di sini ada Wi-Fi gratisnya.
  13. Nanti apabila SKCK kamu sudah jadi, namamu akan di panggil di loket sebelahnya yaitu Loket Pengambilan SKCK (tenang, namamu akan dipanggil 3x atau tiga kali dan manggilnya pakai speaker jadi kalau kamu tidak berada jauh dari ruang pembuatan SKCK seharusnya masih terdengar jika nama kamu dipanggil).
  14. Kamu akan diminta untuk mengecek data SKCK, jika sudah benar maka kamu dapat pulang kerumah atau melanjutkan perjalanan, dan jika ada yang salah silahkan kembalikan ke Loket Pengambilan SKCK untuk diperbaiki.
Baca :  Asus X441U Rekomendasi Laptop Second 2020

Cara Membuat SKCK Online di Polres Bantul

Sebagai gambaran, proses pembuatan SKCK online di Polres Bantul sesuai pengalaman saya adalah sama dengan tahap pembuatan SKCK offline, hanya saja kamu mengganti pengisian formulir manual tulis tangan yang ada di Polres dengan mengisi form di https://skck.polri.go.id/ , untuk selebihnya sama dengan tahap offline termasuk antri, menyerahkan berkas dan persyaratan lainnya.

Info Tambahan :

  • Lokasi ruang SKCK berada di sayap selatan gedung Polres Bantul, berdekatan dengan ruang perekaman Sidik Jari, tempat Foto Copy, dan Bagian Pembuatan SIM.
  • Jam Pelayanan Senin – Jum’at : 08.00 s/d 13.00 WIB
  • Biaya pembuatan SKCK yang terbaru adalah Rp 30.000,- atau Tiga Puluh Ribu Rupiah (Berdasarkan PP No. 60 Th 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkungan POLRI) yang sebelumnya biayanya adalah Rp 10.000,- atau Sepuluh Ribu Rupiah.
  • Loket Pemberian Berkas yang di selatan untuk menyerahkan berkas-berkas dan membayar biaya administrasi dan Loket Pengambilan SKCK yang berada di utara untuk pengambilan SKCK yang sudah jadi atau revisi jika ada kesalahan dalam penerbitan SKCK.

Berikut ini beberapa informasi yang terdapat di ruangan SKCK Polres Bantul

Pada foto di atas terdapat persyaratan-persyaratan yang harus di penuhi ketika ingin membuat SKCK baru maupun ketika ingin memperpanjang SKCK lama.

Pada foto kedua ini terlihat tata cara mengisi form SKCK Online secara detail. Terdapat informasi juga bahwa selain bisa membayar langsung melalui loket, pemohon juga bisa membayar online melalui BRIVA (BRI Virtual Account) ketika mengisi lewat Online.

Pada foto ketiga ini terdapat informasi perubahan atau informasi pelayanan di ruang pembuatan SKCK dimasa pandemi COVID-19. Terlihat himbauan untuk memakai masker dan menaati protokol kesehatan seperti cuci tangan dan jaga jarak. Terdapat juga penyesuaian jam pelayanan yaitu mulai dari Senin – Jum’at pukul 08.00 s/d 13.00 WIB saja.

Nah itu tadi pengalaman dan sedikit informasi dari saya saat membuat SKCK di Polres Bantul. Menurut saya penanganannya cukup cepat karena ada tiga komputer yang beroperasi, cuma kalau pas ramai sampai ratusan ya siap-siap tidak dapat tempat duduk. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu di artikel-artikel berikutnya. 🙂

Total dibaca 1,387 kali, Dibaca hari ini 11 kali

You may also like

Leave a Comment



PE Recent Posts