Ikon Kahoot
Ikon Kahoot

Membuat kuis online dengan kahoot – Pernah mendengar tentang Kahoot? Mungkin bagi sebagian orang masih awam dengan salah satu aplikasi kuis online ini. Bagi kamu seorang guru, dosen, mahasiswa, trainer, atau profesi yang sering mengadakan kuis, permainan-permainan soal, dan sebagainya, sebaiknya kamu tau aplikasi pembuat kuis online ini. Yuk simak artikel berikut untuk mengenal apa itu kahoot beserta kegunaannya dalam pembelajaran atau pelatihan.

 

Pengertian Kahoot

Apa itu kahoot? Kahoot adalah sebuah website yang menawarkan permainan berbasis kuis yang interaktif dan keren sebagai sarana pembelajaran. Dengan kahoot kita dapat membuat permainan dengan tetap memberikan muatan pendidikan di dalam kelas dengan kemasan berupa kuis. Kuis yang dihadirkan oleh kahoot ini merupakan kuis online yang dapat dimainkan melalui berbagai macam gadget, contohnya: PC, Laptop, dan SmartPhone. Karena kuis ini berjalan secara online, tentu saja kita harus memiliki koneksi internet digadget kita, jadi kalau gadget kamu tidak ada koneksi internetnya.. siap-siap saja hanya menonton dan melewatkan keseruan kuisnya hehe..

 

Bagaimana menggunakan Kahoot?

Bagaimana kita bisa membuat kuis online dengan Kahoot? Secara sederhana ada dua hal yang diperlukan dalam permainan kuis online dengan menggunakan Kahoot, yaitu membuat kuis kahoot dan cara memainkan kuisnya. Langkah-langkah untuk dapat membuat kuis online dengan kahoot adalah sebagai berikut.

  1. Untuk dapat membuat kuis online menggunakan Kahoot, pertama kamu harus daftar dahulu di sini.
  2. Kemudian kamu pilih ingin mendaftar sebagai apa, misal sebagai guru, siswa atau yang lainnya.
  3. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman untuk memilih ingin mendaftar melalui koneksi akun google, akun microsoft atau dengan email secara konvensional.
  4. Kalau kamu pilih menggunakan koneksi akun google dan akun microsoft kamu tinggal ikuti langkah-langkah yang ada disitu kemudian selesaikan pendaftaran, tetapi jika kamu memilih mendaftar dengan email secara konvensional (mengisi form pendaftarana secara manual), maka kemudian akan tampil beberapa form. Form yang tampil yaitu, username, email address dan password. Ketika kamu mendaftar sebagai guru, maka akan ada tambahan form untuk menuliskan nama sekolah atau universitas dan detail tempat bekerja (School, Higher School, School Administration, Business dan other). Ketika kamu mendaftar sebagai siswa, maka akan tambahan form yang muncul yaitu melengkapi tanggal, bulan serta tahun kelahirannmu.
  5. Setelah itu centang semua persetujuannya kemudian klik “Join Kahoot!” kemudian ikuti instruksinya samapai selesai.
Baca :  Membuat E-learning Moodle dengan mudah

Setelah kamu mempunyai akun, maka silahkan masuk ke akun kahoot kamu melalui link ini. Setelah kamu masuk ke halaman dashboard akun kahoot kamu, akan tampil tutorial atau guide pertama untuk dapat menggunakan dashboard kahoot. Ikuti petunjuknya sampai selesai dan coba buat kuis pertama anda. Ketika kamu membuat kuis, kuis tersebut akan tersimpan ke akun kahoot kamu. Ketika membuat kuis, kamu bisa menambahkan bentuk-bentuk pemilihan jawaban dari soal yang kamu sajikan dan ada beberapa pengaturan tambahan lainnya. Setelah kuis kamu selesai dibuat, maka kamu sudah siap untuk memainkannya di dalam kelas atau ketika proses pembelajaran.

Cara memainkan kuis kahoot sangat sederhana. Setiap kuis ketika dimainkan akan memiliki sebuah PIN. Untuk memainkannya, arahkan siswa atau peserta kuis kamu ke halaman ini, kemudian pilih “Enter game PIN”. Setelah PIN selesai dimasukan, peserta kuis akan dapat memainkannya melalui gadget mereka. Saat kuis berlangsung, kamu yang mengoperasikan penampilan kuisnya. Jadi model kuisnya adalah kamu menampilkan soal dan pilihan jawaban. Kemudian peserta memilih pilihan jawaban mereka, setelah itu kamu bisa klik next untuk melihat jawaban yang benar serta berapa banyak peserta yang menjawab benar dan salah. Lalu kamu bisa klik next untuk melihat nama-nama siswa teratas yang memiliki skor paling tinggi. Nah baru setelah itu dilanjutkan ke soal berikutnya, sampai akhir kuis. Setelah kuis berakhir, kamu dapat menampilkan siapa juara dari kuis tersebut. Nama-nama teratas akan muncul beserta perolehan skornya.

Baca :  Membuat E-learning Moodle dengan mudah

Nah sekian pembahasan mengenai Kahoot. Semoga artikel ini dapat membantu bagi yang sedang mencari alternatif pembelajaran di kelas, mengadakan kuis atau yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

One Thought to “Membuat Kuis Online dengan Kahoot”

  1. […] Kahoot secara Gratis – Pernah mendengar Kahoot? Nah di artikel sebelumnya yaitu “Membuat Kuis Online dengan Kahoot“, kita sudah membahas tentang apa itu kahoot dan cara memakainya secara sekilas. Kahoot bisa […]

Leave a Comment